bagaimana cara memainkan alat musik piano


Bagaimana Cara Memainkan Alat Musik Piano

bagaimana cara memainkan alat musik piano

Mulai belajar piano tetapi sulit untuk meningkatkannya? Apakah Anda telah mengambil pelajaran piano untuk beberapa waktu sekarang, tetapi merasa tidak ada kemajuan? Atau mungkin Anda memiliki pengalaman piano, tetapi Anda perlu meningkatkan keterampilan bermain Anda? Jika Anda menjawab ya untuk pertanyaan-pertanyaan ini, Anda perlu belajar bagaimana meningkatkan keterampilan piano Anda.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan Anda bagaimana meningkatkan keterampilan piano Anda saat ini. Artikel ini memperhitungkan orang-orang yang belajar bermain dengan telinga, menggunakan bahan ajar seperti buku dan DVD, atau menggunakan pelajaran dari seorang guru profesional. Jadi, jika Anda merasa bahwa langkah tertentu telah tercapai, lanjutkan dan lewati ke langkah berikutnya. Selami dan nikmatilah!
Tangga
Kelola waktu belajar dan latihan Anda. Mendedikasikan slot waktu untuk sesi atau pelatihan dan berkomitmen tentang hal itu. Anda bisa mencoba untuk tidak membiarkan apa pun menghalangi Anda dari latihan Anda. Komitmen untuk berlatih sangat penting untuk meningkatkan kemampuan Anda.
• Gunakan jadwal jika waktu Anda begitu penuh sehingga Anda tidak dapat mendedikasikan slot waktu yang sama secara berkala.
• Gunakan pengingat pada perangkat apa pun yang biasanya Anda bawa untuk mengingatkan Anda tentang sesi Anda. Jika menggunakan perangkat tidak membantu, memiliki agenda di tangan dapat melakukan pekerjaan yang sama.


Rencanakan latihan Anda. Meskipun hal ini tidak perlu di kemudian hari, pada awalnya, ketika Anda mempelajari hal-hal baru, penting untuk mengetahui apa yang harus Anda pelajari dalam beberapa sesi berikutnya agar dapat mengukur kemajuan Anda. Ini seharusnya membantu Anda melacak kemajuan pengetahuan dan keterampilan Anda, bukan menjadi alat untuk mengecewakan Anda jika Anda tidak membuat kemajuan yang Anda harapkan dalam waktu yang Anda harapkan. Jika saat latihan kalian menemukan beberapa konsep memerlukan waktu yang lama untuk dikuasainya, maka kalian jangan khawatir. Yang penting adalah, pada akhirnya, kalian menguasainya.

Tingkatkan kemampuan membaca notasi musik Anda. Banyak langkah dan kiat yang harus diikuti akan bergantung pada, atau sangat bermanfaat dari kecakapan dalam membaca notasi musik (lembaran musik). Anda dapat melakukan ini sebagai berikut:
• Belajar membaca musik piano jika Anda belum melakukannya. Pastikan Anda memahami sebagian besar konsep notasi musik. Jika kalian ingin meningkatkan skill dalam permainan piano kalian secara keseluruhan, maka kalian harus belajar tentang notasi musik yang lebih canggih seperti tempo, dinamika, kunci dan tanda waktu, kunci, dll. Mengetahui hanya cara membaca catatan itu sendiri dan intervalnya tidak akan cukup.
• Belajar membaca musik piano. Ini akan meningkatkan kemampuan Anda untuk menerjemahkan apa yang Anda lihat dan pahami di lembaran musik menjadi nada piano yang indah.

Tingkatkan penempatan jari Anda dan kecepatan pada tuts piano:
• Pelajari beberapa latihan peregangan jari untuk digunakan sebelum Anda mulai bermain.
• Pelajari penempatan jari piano dengan benar jika Anda belum melakukannya. Menempatkan jari-jari Anda dengan benar pada tuts piano sangat penting untuk mengembangkan kemampuan yang lebih maju.
Berlatih berbagai skala menggunakan penempatan jari yang tepat. Mulailah dengan berlatih naik skala, lalu turun, lalu naik dan turun. Lakukan masing-masing setidaknya lima kali menggunakan penempatan jari yang tepat saat berlatih skala tertentu.
• Cobalah untuk berlatih dua atau tiga skala sebelum setiap sesi. Lakukan ini apakah "sesi" adalah pelajaran dengan seorang guru, atau beberapa slot waktu luang Anda ditugaskan untuk belajar dan berlatih piano.
• Cobalah berlatih menggunakan lembaran musik yang berisi penomoran jari pada mereka, terutama pada awalnya. Dengan cara ini Anda dapat yakin bahwa Anda bermain dengan benar. Fingering sangat penting di kemudian hari ketika Anda bermain lebih keras.
• Berlatihlah dengan kecepatan yang meningkat. Atur metronom Anda pada kecepatan yang lebih lambat dan ketika Anda telah menguasai satu kecepatan, pindahkan ke kecepatan yang lebih cepat. Ini akan mengembangkan memori otot. Saat mempelajari lagu baru, atau skala baru, mulailah dengan memainkannya perlahan-lahan tetapi patuhi waktu pembuatannya. Kemudian, mulailah mempercepat, menjaga interval waktu yang tepat di antara catatan. Misalnya, jika berlatih skala C Mayor yang sederhana, Anda akan mulai dengan memainkan setiap catatan (C, D, E, F, G, A, B) sebagai ketukan keseluruhan. Kemudian mulailah memainkan setiap not untuk setengah ketukan (tidak meninggalkan setengah ketukan lainnya sebagai istirahat), kemudian seperempat, dan seterusnya. Setelah Anda membuat kesalahan, mulai dari awal lagi. Praktikkan ini selama setengah jam sehari sampai Anda merasa dapat melakukannya tanpa membuat kesalahan.
• Berlatih penempatan jari chord yang tepat. Anda dapat menemukan banyak sumber daya di internet merinci jari-jari yang tepat untuk setiap akord. Terkadang Anda akan menemukan lebih dari satu penempatan jari yang optimal; ini adalah masalah preferensi, jadi ikuti mana yang membuat Anda lebih nyaman saat bermain (terutama saat maju dari satu akord ke yang berikutnya).

Hafalkan dan praktikkan skala musik, terutama yang paling menonjol. Mempelajari semua Major, harmonic minor, melodic minor dan chromatic scales. Kuasai sisik dan latih mereka. Juga, jika Anda memainkan gaya tertentu (seperti blues, jazz, dll.), Pelajari skala dari gaya itu.
Hafalkan dan berlatih akor. Akord adalah beberapa nada yang dimainkan bersamaan pada saat yang sama (pada piano, menekan beberapa tombol secara bersamaan).
• Mulailah dengan mempelajari akord yang paling menonjol.
• Pelajari berbagai inversi akor. Cobalah untuk belajar kapan dan dalam perkembangan apa setiap inversi digunakan.
• Berlatih akord dengan memainkan progresi. Mulai dengan yang sederhana seperti progresi C-F-G. Setelah Anda menguasai itu, pergi ke yang lebih rumit.

Tingkatkan bakat bermusik Anda (biasa disebut telinga musik) dengan berlatih mendengarkan potongan musik dan mencoba menyimpulkan catatan mereka. Lakukan ini sebagai berikut:
• Mulailah dengan lagu-lagu sederhana dan lambat. Cobalah untuk menemukan not-not lagu terlebih dahulu dengan trial and error pada keyboard. Latihlah dengan perlahan sebelum Anda mencoba bermain lebih cepat. Lebih baik bertindak selangkah demi selangkah, daripada terburu-buru.
• Coba beri nama catatan hanya dengan menggunakan telinga Anda setelah itu, dan tuliskan.
• Setelah Anda menyelesaikan suatu bagian, cobalah memainkan catatan yang sudah Anda tulis, lihat seberapa dekat Anda.
• Anda dapat membuat sistem penilaian dan mencoba untuk menguji diri sendiri. Jangan khawatir jika Anda hanya mendapatkan sedikit catatan pada awalnya. Belajar dari kesalahan yang Anda buat. Sedikit demi sedikit, suatu hari nanti Anda bisa menuliskan seluruh lagu dengan sangat akurat.
Tingkatkan musik Anda "pikiran bermain". Pikiran bermain adalah ketika Anda memainkan lagu atau sepotong musik dalam pikiran Anda. Hal ini dapat dilakukan sebagai berikut:
• Lihatlah lembaran musik dan cobalah untuk memainkannya dalam pikiran Anda. Pada awalnya, Anda akan kesulitan melakukannya, jadi putar nada demi nada. Pada awalnya, Anda mungkin menggunakan semacam alat perekam dan membaca catatan dengan bersenandung dan merekam. Dengan kemajuan, Anda akan mulai merekam potongan lembaran yang lebih besar sebelum berhenti sejenak untuk membaca potongan berikutnya. Kemudian Anda akan dapat melihat seluruh bacaan, melodi, dan bahkan bagian dalam pikiran Anda.
• Setelah itu, mainkan lagu itu dan lihat seberapa dekat.
Pastikan postur Anda di piano sudah tepat. Postur yang tidak benar pada piano dapat menyebabkan rasa sakit yang pada gilirannya membuat tubuh Anda lebih kaku sehingga Anda tidak bisa bermain semudah yang Anda lakukan jika postur Anda benar.
• Sejajarkan panggul Anda berlawanan dengan nada C Tengah.
• Duduk tegak, tidak condong ke arah atau menjauh dari keyboard.
• Rileks, tidak kaku.
• Jari-jari Anda harus sedikit melengkung ke bawah, seolah-olah Anda memegang apel di tangan Anda. Jangan letakkan jari Anda dalam posisi tegak lurus dengan tombol. Juga, jangan biarkan jari-jari Anda melengkung ke atas.
• Jika Anda baru bermain, perhatikan jari kelingking. Mereka tampaknya lebih tinggi daripada jari-jari lainnya untuk pelajar baru. Cobalah untuk membuat setiap jari kelingking tetap pada tingkat yang sama dengan jari lainnya. Ini mungkin memerlukan beberapa latihan pada awalnya, tetapi pertahankan sampai menjadi sikap alami.

Berlatihlah pada potongan musik atau lagu favorit Anda pada awalnya. Anda dapat menemukan banyak lembaran musik gratis di internet dan Anda dapat membeli buku lagu dan lembaran musik dari banyak toko musik. Anda juga dapat mengunduh file midi gratis dari lagu atau potongan dan mengubahnya menjadi lembaran musik menggunakan perangkat lunak tertentu seperti MuseScore.
• Mulailah dengan memainkan potongan itu dengan sangat lambat. Yang penting pada awalnya adalah Anda mendapatkan perkembangan catatan dan akor.
• Khawatir tentang waktu pada tahap berikutnya. Setelah Anda menguasai progresi dan pengembangan karya tersebut, mulailah menyempurnakan waktu Anda. Pastikan setiap catatan dimainkan selama periode itu dimaksudkan untuk dimainkan, dan pada saat diperlukan.
• Gunakan pembagian sambil belajar. Pelajari bagian dari lagu, kuasai mereka dan kemudian pindah ke bagian berikutnya. Suatu bagian dapat berupa melodi, akor, paduan suara atau refrain, dll.

Tingkatkan keterampilan koordinasi tangan kiri kanan Anda. Ini dapat dicapai sebagai berikut:
• Lakukan beberapa latihan koordinasi sebelum Anda mulai berlatih. Penggunaan perangkat metronom akan baik karena Anda dapat berlatih koordinasi pada tempo yang berbeda.
• Saat berlatih potongan yang lebih kompleks, mulailah dengan melatih bagian tangan kanan dari potongan, lalu tangan kiri (atau sebaliknya) kemudian cobalah untuk memainkannya bersama. Luangkan waktu Anda, jangan terburu-buru. Setelah Anda menguasai satu bagian, pindah ke bagian berikutnya, dan bukan sebelum itu.

Berlatihlah tampil di depan umum. Sangat penting untuk terbiasa bermain di depan umum sementara tidak tegang karena catatan yang salah, atau saraf.
• Mulailah dengan tampil di depan sekelompok kecil kenalan pribadi (keluarga, teman, dll.).
• Tingkatkan jumlah pembantu secara perlahan.
• Mulai tampil dalam acara-acara pribadi (piknik, liburan, pesta, dll.)

Manfaatkan teknologi modern jika Anda berlatih sendiri. Ada berbagai perangkat lunak dan perangkat keras yang dirancang untuk membantu dalam proses berlatih dan perbaikan. Beberapa di antaranya adalah:
• Perangkat Metronome. Digunakan untuk melatih waktu dan tempo dan menyesuaikan bermain Anda sesuai dengan waktu.
• Piano perangkat lunak. Ini dapat berguna sambil meningkatkan bakat musik dan membaca pikiran Anda.
• Perangkat lunak notasi musik seperti MuseScore. Jenis perangkat lunak ini berguna untuk mengubah file midi menjadi lembaran musik. Ini juga berguna untuk menyimpan skor musik secara digital, mengelolanya, mencetak ulang, dll. Juga, perangkat lunak membantu proses pembuatan musik.
• Permainan perangkat lunak musik dan alat bantu seperti Synthesia dan PrestoKeys. Permainan dan alat bantu ini digunakan untuk melatih skor musik melalui keyboard MIDI atau piano (dalam hal ini, gim tidak akan dapat mempertahankan skor Anda).

Pelajari teknik meraba. Meraba jari yang efisien akan sangat membantu teknik Anda. Bandingkan ini dengan perkalian. Jika Anda diberi masalah 5 plus 5 plus 5 seratus kali, apakah Anda akan melakukan 5 + 5 + 5 + ... atau 5 * 100? Tentunya opsi kedua. Demikian pula, jika Anda bisa menggunakan fingering yang lebih efisien, mengapa tidak menggunakannya? Dibutuhkan 1 menit ekstra untuk mencari tahu apa yang paling sesuai dengan Anda. Satu menit yang dihabiskan sekarang bisa menyelamatkan Anda berjam-jam kemudian ketika Anda mencoba mengubah jari Anda.
• Ketahui bagaimana otot-otot di tangan Anda bekerja. Sebagian besar ini berasal dari logika umum. Misalnya, Anda dapat dengan mudah menunjuk sesuatu dengan jari telunjuk Anda. Bagaimana dengan jari manis Anda (jempol = 1, indeks = 2, tengah = 3, cincin = 4, kelingking = 5) Saya bukan ahli dalam anatomi manusia, tetapi sangat mungkin bahwa ibu jari dan jari telunjuk memiliki otot-otot individu, sedangkan yang ketiga, keempat dan kelima memiliki otot yang terhubung satu sama lain. Sebagai hasilnya, jangan gunakan jari yang sangat menyakitkan, seperti menekan C tengah dengan kelingking dan kemudian lakukan E dengan ibu jari Anda dan kemudian G dengan jari manis Anda.
• Beli lembaran musik Anda. Jika Anda mampu membeli lembaran musik, mungkin ada kepentingan terbaik Anda untuk melakukannya. Lembaran musik dilengkapi dengan fingering (hanya yang perlu Anda ketahui), dan orang biasanya akan mengujinya sebelum melepaskannya. Anda dapat memfotokopi buku juga, tetapi pastikan Anda tidak melanggar undang-undang hak cipta.
Berikut bagaimana cara memainkan alat musik piano yang harus kalian ketahui. Dan selamat berlatih.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog