bahaya orang merokok


Bahaya Orang Merokok

Bahaya Orang Merokok

Alasan mengapa merokok itu buruk untuk Anda
1. Otak
2. Tulang
3. Sistem kardiovaskular
4. Sistem kekebalan tubuh
5. Paru-paru
6. Mulut
7. Reproduksi
8. Kulit
9. Kanker
10. Manfaat dari berhenti
Merokok menyebabkan kerusakan pada hampir setiap organ di dalam tubuh dan secara langsung bertanggung jawab untuk sejumlah penyakit.

Setiap tahun, lebih dari 480.000 orang meninggal di Amerika Serikat (AS) karena penyakit yang berhubungan dengan tembakau. Itu sekitar 1 dari 5 dari semua kematian di AS setiap tahunnya. Diperkirakan 1 dari 2 perokok akan mati karena penyakit yang berhubungan dengan merokok.
Merokok menyebabkan lebih banyak kematian di AS setiap tahun daripada gabungan berikut:
• penggunaan alkohol
• insiden terkait senjata api
• HIV
• penggunaan narkoba ilegal
• Insiden kendaraan bermotor
Merokok memperpendek umur seorang pria sekitar 12 tahun dan kehidupan seorang wanita sekitar 11 tahun.
Dua racun dalam tembakau yang mempengaruhi kesehatan masyarakat adalah:
• Karbon monoksida ditemukan dalam asap knalpot mobil dan berakibat fatal dalam dosis besar. Ia menggantikan oksigen dalam darah dan membanjiri organ-organ oksigen dan menghentikannya agar berfungsi dengan baik.
• Tar adalah zat coklat yang lengket yang melapisi paru-paru dan mempengaruhi pernapasan.
Merokok mempengaruhi banyak bagian tubuh yang berbeda. Di bawah ini, kami menutupi setiap bagian tubuh secara bergantian:
Otak
Merokok akan menyebabkan kemungkinan mengalami penyakit stroke sebanyak 2 hingga 4 kali. Stroke akan menyebabkan kematian dan kerusakan otak.
Salah satu cara bahwa stroke dapat menyebabkan cedera otak adalah melalui aneurisma otak, yang terjadi ketika dinding pembuluh darah melemah dan menciptakan tonjolan. Tonjolan ini kemudian dapat meledak dan mengarah ke kondisi serius yang disebut perdarahan subarakhnoid.
Tulang
Merokok dapat membuat tulang lemah dan rapuh, yang sangat berbahaya bagi wanita, yang lebih rentan terhadap osteoporosis dan patah tulang.
Sistem kardiovaskular
Merokok menyebabkan plak menumpuk di dalam darah. Plak menempel pada dinding arteri (atherosclerosis), membuat mereka lebih sempit; ini mengurangi aliran darah dan meningkatkan risiko pembekuan.
Merokok juga menyempit arteri, membuat darah lebih sulit mengalir, serta meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.
Juga, bahan kimia dalam asap tembakau meningkatkan kemungkinan masalah jantung dan penyakit kardiovaskular.
Beberapa yang paling umum adalah:
• Penyakit jantung koroner - arteri yang sempit atau tersumbat di sekitar jantung. Ini adalah salah satu penyebab utama kematian di AS.
• Serangan jantung - perokok dua kali lebih mungkin mengalami serangan jantung.
• Nyeri dada yang berhubungan dengan jantung.
Karbon monoksida dan nikotin dalam rokok membuat jantung bekerja lebih keras dan lebih cepat; ini berarti bahwa perokok akan merasa lebih sulit untuk berolahraga.
Bahkan perokok yang merokok 5 atau lebih sedikit sehari dapat memiliki tanda-tanda awal penyakit kardiovaskular.
Sistem kekebalan
Sistem kekebalan melindungi tubuh terhadap infeksi dan penyakit. Merokok membahayakan ini dan dapat menyebabkan penyakit autoimun, seperti penyakit Crohn dan rheumatoid arthritis.
Merokok juga dikaitkan dengan diabetes tipe 2.
Paru-paru
Mungkin bagian tubuh yang paling jelas terkena rokok adalah paru-paru. Bahkan, merokok dapat memengaruhi paru-paru dalam beberapa cara berbeda.
Terutama, merokok merusak saluran udara dan kantung udara (dikenal sebagai alveoli) di paru-paru.
Seringkali, penyakit paru-paru yang disebabkan oleh orang yang suka merokok dapat memakan waktu bertahun-tahun untuk menjadi nyata, ini berarti sering tidak didiagnosis sampai cukup maju.
Ada banyak masalah paru-paru dan pernapasan yang disebabkan oleh merokok; di bawah ini adalah tiga yang paling umum dalam populasi Amerika:
Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK): Ini adalah penyakit jangka panjang yang memburuk seiring berjalannya waktu. Ini menyebabkan napas tersengal-sengal, sesak napas, dan sesak dada. Ini adalah penyebab kematian ketiga di AS. Tidak ada obatnya.
Bronkitis kronis: Ini terjadi di  saat saluran udara terdapat lendir terlalu banyak, menyebabkan batuk. Saluran udara kemudian menjadi meradang, dan batuknya bertahan lama. Pada saat nya, jaringan parut dan lendir akan sepenuhnya mem  blokir saluran udara dan akan menyebabkan infeksi. Tidak ada obat, tetapi berhenti merokok dapat mengurangi gejala.
Emfisema: Ini adalah jenis PPOK yang mengurangi jumlah kantung di paru-paru dan memecah dinding di antaranya. Ini menghancurkan kemampuan seseorang untuk bernapas, bahkan ketika beristirahat. Pada tahap terakhir, pasien sering hanya bisa bernapas menggunakan masker oksigen. Tidak ada obatnya, dan tidak bisa dibalik.
Penyakit lain yang disebabkan oleh merokok termasuk pneumonia, asma, dan tuberkulosis.
Mulut
Merokok dapat menyebabkan bau mulut dan gigi bernoda, serta penyakit gusi, gigi tanggal, dan kerusakan indera perasa.
Reproduksi
Wanita yang merokok dapat merasa lebih sulit untuk hamil. Wanita yang merokok ketika hamil meningkatkan sejumlah risiko untuk bayi, termasuk:
• lahir prematur
• keguguran
• lahir mati
• Berat badan lahir rendah
• sindrom kematian bayi mendadak
• penyakit bayi
Merokok dapat menyebabkan penyakit impotensi pada seorang pria karena akan merusak pembuluh darah yang berada di penis. Itu juga dapat merusak sperma dan mempengaruhi jumlah sperma. Pria yang merokok memiliki jumlah sperma lebih rendah daripada pria yang bukan perokok.
Kulit
Merokok mengurangi jumlah oksigen yang dapat mencapai kulit, yang mempercepat proses penuaan kulit dan membuatnya kusam dan abu-abu.
Merokok secara prematur menua kulit selama 10-20 tahun dan membuat kerutan di wajah, terutama di sekitar mata dan mulut, tiga kali lebih mungkin.
Kanker
Merokok menyebabkan sekitar 30 persen dari semua kematian akibat kanker di AS. Dalam kasus kanker paru-paru, sekitar 80 persen dari semua kematian disebabkan oleh merokok.
Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian akibat kanker pada pria dan wanita; itu sangat sulit untuk diobati.
Asap tembakau memiliki sekitar 7.000 bahan kimia di dalamnya, dan sekitar 70 di antaranya terkait langsung dengan penyebab kanker.
Serta paru-paru, merokok juga merupakan faktor risiko untuk jenis kanker ini, antara lain:
• mulut
• laring (kotak suara)
• pharynx (tenggorokan)
• esofagus (menelan tabung)
• ginjal
• serviks
• hati
• kandung kemih
• pankreas
• perut
• usus besar / dubur
• leukemia myeloid
Cerutu, pipa rokok, rokok mentol, tembakau kunyah, dan jenis tembakau lainnya semuanya menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lainnya. Tidak ada cara yang aman untuk menggunakan tembakau.
Manfaat berhenti
Berhenti merokok mengurangi risiko kesehatan.
Kemungkinan mengalami stroke berkurang hingga setengah dari non-perokok dalam 2 tahun, dan sama dengan non-perokok dalam 5 tahun.
Risiko untuk kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, dan kandung kemih berkurang setengahnya dalam 5 tahun. Risiko untuk kanker paru-paru turun setengahnya setelah 10 tahun.
Setahun setelah berhenti merokok, risiko serangan jantung berkurang setengahnya. Setelah 15 tahun, itu sama dengan seseorang yang tidak pernah merokok.
Secara keseluruhan, setelah seseorang berhenti merokok, kesehatan mereka akan membaik dan tubuh mereka akan mulai pulih.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog