Manfaat Dari Buah Sirsak


Manfaat Dari Buah Sirsak

Manfaat Dari Buah Sirsak

Manfaat Dari Buah Sirsak - Manfaat kesehatan sirsak termasuk menekan kanker, mendukung kesehatan mata, mengurangi peradangan, mengelola diabetes, meningkatkan kesehatan lambung dan saluran pencernaan, membunuh parasit usus, mengurangi rasa sakit, mengurangi beban stres, menghidupkan kembali penyakit saluran pernapasan, meningkatkan kesehatan hati, dan meningkatkan kekebalan.
Apa itu Sirsak?
Sirsak adalah salah satu buah yang paling tidak menyenangkan yang pasti pernah Anda temui dalam hidup Anda. Tumbuh terutama di Amerika tengah dan Selatan, bersama dengan Karibia, jika Anda tinggal di luar daerah ini dianggap memperlakukan eksotis.
Pikirkan rasanya sebagai persilangan antara nanas, stroberi, dan berbagai buah jeruk yang bercampur, yang membuatnya menjadi pengalaman makan yang unik.
Tetapi makan jauh dari satu-satunya cara buah ini dapat digunakan, seperti yang sering dibuat dalam jus, es krim dan banyak lagi, dengan bagian-bagian berbeda dari buah itu sendiri memiliki kegunaannya sendiri. Namun rasanya dan kegunaannya hanya menggores permukaan - karena kekuatan sejati buah ini terletak pada manfaatnya bagi kesehatan.
Nilai Gizi Sirsak
Sirsak sangat rendah kalori. Penayangan 100g menghasilkan hal berikut:
Kalori-66
Total Karbohidrat-16g Gula-13g
Fiber-3 g
Protein-1 g
Asam Folat-14 μg
Vitamin C-20,6 mg Magnesium-21 mg Kalium-270mg


1. Sirsak Dapat Membunuh Kanker
Mulai dengan mungkin efek yang paling menonjol dari sirsak, adalah kemampuannya untuk secara aktif menghasilkan kematian sel-sel kanker, dengan penelitian laboratorium mengkonfirmasi efek ini pada sel-sel kanker payudara dan hati. Meskipun efek ini dikaitkan dengan ekstrak buah yang sebenarnya, daunnya juga telah ditemukan untuk menekan sel kanker dengan efisiensi sekitar 80%. Apa yang menjadikannya sebagai alternatif pengobatan yang menjanjikan untuk obat-obatan kemoterapi ampuh adalah bahwa efeknya khusus untuk sel-sel kanker dan tidak membahayakan sel-sel sehat. Cukup tangkapan!
2. Sirsak Baik Untuk Mata Anda
Buah sirsak dimuat ke pinggiran dengan anti-oksidan, yang membantu mengurangi beban oksidatif dalam tubuh. Dalam hal ini, Anda dapat berterima kasih vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, dan banyak senyawa karotenoid alami yang membantu menjaga kesehatan mata Anda. Dengan menunda laju degenerasi makula, atau perkembangan katarak, fungsi mata yang optimal dapat dipertahankan lebih lama.
3. Membantu Meredakan Peradangan
Meskipun sirsak memerangi peradangan dalam sel berdasarkan kandungan anti-oksidan yang tinggi, ini mengacu pada peradangan lebih langsung, seperti yang terjadi pada arthritis. Berbagai bagian lain dari tanaman sirsak juga telah digunakan secara tradisional oleh penduduk asli Amerika Tengah dan Selatan untuk mengobati peradangan yang ditimbulkan oleh gigitan ular, meskipun itu tidak boleh disalahartikan sebagai penawarnya.
4. Dapat Membantu Mengelola Diabetes
Sirsak telah lama dipercaya untuk membantu mengelola diabetes, tetapi baru-baru ini telah dilakukan penelitian di Nigeria membuktikan bahwa ini benar. Ditemukan bahwa tikus yang mengonsumsi sirsak memiliki kadar gula darah yang jauh lebih rendah dari pada tikus yang tidak. Mekanisme di balik tindakan ini akan menghambat enzim yang membantu memecah karbohidrat kompleks menjadi glukosa, atau memblokir penyerapannya. Dan, penggunaan daun sirsak ditemukan untuk mengurangi efek kerusakan oksidatif pada hati yang diperparah oleh diabetes. Tetapi itu tidak semua, karena sirsak berpotensi membantu pankreas memproduksi sel penghasil insulin baru, yang dapat mengimbangi ketika sel-sel ini berhenti berfungsi. Jangan minum jus sirsak Anda yang dimaniskan dengan gula.
5. Meningkatkan Kesehatan Perut Dan Saluran Pencernaan
Konsumsi sirsak dikaitkan dengan penurunan perkembangan ulkus lambung, karena membantu memperkuat integritas struktural lapisan lendir pada organ-organ ini, penting karena mereka tunduk pada efek asam klorida dari lambung.
Sirsak juga membantu mengurangi efek oksidasi pada organ-organ ini, mungkin membantu mengimbangi penyakit kronis yang menimpa mereka, seperti penyakit usus yang mudah tersinggung dan Crohn's. Sirsak juga dapat menawarkan perlindungan terhadap bakteri perut Pylori, yang terlibat dalam sejumlah besar kasus kanker perut dan bisul lambung.
6. Dapat Membunuh Parasit Usus
Obat-obatan yang membunuh cacing usus dikenal sebagai anti-cacing, yang merupakan ekstrak daun sirsak yang bisa disebut. Ekstrak yang terbuat dari daun sirsak ditemukan mampu membunuh cacing dewasa maupun larva mereka, yang merupakan sesuatu yang tidak banyak resep obat anti-parasit. Meskipun perlu dibakukan ke dalam dosis yang disetujui untuk digunakan untuk tujuan ini, sejauh ini hasil melalui penelitian cukup menjanjikan.
7. Dapat Membantu Meredakan Nyeri
Sirsak tidak hanya dapat menghidupkan kembali peradangan, tetapi sebenarnya mengurangi rangsangan nyeri. Individu yang menderita radang sendi menderita peradangan dan rasa sakit, yang membuat buah sirsak khusus siap membantu. Ada juga tampaknya efek terkait dosis, yang berarti bahwa besarnya pereda nyeri (analgesia) sebanding dengan jumlah sirsak yang dikonsumsi. Tidak pasti apakah ada batas atas yang tidak boleh terlampaui, jadi pendekatan terbaik adalah mengkonsumsi sedikit dan mengukur respons Anda.
8. Dapat Membantu Mengurangi Beban Stres Anda
Ketika Anda berada di bawah tekanan tinggi, tubuh Anda menghasilkan peningkatan jumlah adrenalin dan kortisol. Hormon-hormon ini sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi tingkat tinggi tidak membantu siapa pun. Bahkan, kadar kortisol yang bersirkulasi tinggi secara kronis terlibat dalam sejumlah efek kesehatan negatif, mulai dari insomnia hingga kecemasan dan fungsi seksual yang disiagakan. Konsumsi sirsak dapat membantu menyangga efek negatif peningkatan kortisol, mengurangi kecemasan dan meningkatkan tidur nyenyak.
9. Dapat Membantu Meringankan Penyakit Saluran Pernafasan
Ketika pilek biasa menyerang, biasanya terjadi dengan sekelompok gejala yang terkait, termasuk banyak yang mempengaruhi saluran pernapasan. Umumnya, bersin, sakit tenggorokan dan batuk adalah gejala-gejala ini, dengan masing-masing memerlukan perawatan yang terpisah. Namun, sirsak dapat membantu mengencerkan sekresi lendir, meredakan iritasi tenggorokan dan bahkan bertindak sebagai ekspektoran ringan, menenangkan banyak gejala terkait. Tidak lupa bahwa sirsak memiliki sifat anti-mikroba juga, yang dapat membantu mempercepat pemulihan dengan mempromosikan pembersihan patogen asing yang mungkin masih ada.
10. Tingkatkan Kesehatan Hati
Hati memproses banyak bahan limbah serta setiap hal yang Anda telan, hari demi hari, tanpa lelah. Namun, ada saat-saat di mana hal-hal bisa salah. Seperti itulah yang terjadi selama penyakit kuning, yang merupakan produk sampingan dari gangguan sel darah merah tua. Normalnya, bilirubin dipecah lebih jauh dan diekskresikan dalam urin dan feses, tetapi bilirubin juga dapat terakumulasi ketika ada yang salah. Gagal untuk dimetabolisme, dan tanda pertama adalah ikterus.
Penyakit kuning sangat terlihat dengan melihat mata yang tampak berwarna kuning. Sirsak membantu membalikkan ikterus, mengembalikan kadar bilirubin ke tingkat yang dapat diterima dan dapat melindungi hati dari penyakit kuning yang disebabkan oleh obat-obatan.
11. Meningkatkan Kekebalan
Telah diketahui bahwa sirsak mengandung senyawa anti-oksidan, yang dengan sendirinya menawarkan perlindungan besar terhadap banyak ancaman yang dihadapi tubuh kita setiap hari. Namun, itu tidak meningkatkan kekebalan aktif. Sebaliknya, beberapa nutrisi, seperti Vitamin C, membantu merangsang produksi sel T dan limfosit, yang berfungsi sebagai pertahanan lini pertama terhadap infeksi. Dengan meningkatkan jumlah sel darah putih Anda cukup tinggi, sistem kekebalan Anda akan melindungi Anda dari mayoritas patogen asing yang mungkin muncul.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog